5 Jenis Lontong Sayur yang Populer di Indonesia

5 Jenis Lontong Sayur yang Populer di Indonesia

Seperti soto yang punya banyak macamnya, lontong sayur juga punya banyak ragamnya. Buat kamu yang suka makanan olahan dari beras yang sajikan dengan kuah yang berbeda di setiap daerahnya, kamu harus tahu jenis lontong sayur yang ada di Indonesia.

Lontong Kari

Lontong jenis ini merupakan makanan yang banyak ditemukan di Bandung, Jawa Barat. Potongan lontong yang disiram dengan kuah kari yang kaya rempah, dengan potongan daging sapi atau daging ayam, sangat nikmat disantap sebagai menu sarapan. Ada banyak tempat sarapan lontong kari yang enak di Bandung, salah satunya adalalah lontong kari sebrang kampus UNPAD Dipatiukur, diantara pemberhentian bus Damri Leuwipanjang-Dipatiukur dan Jatinangor-Dipatiukur.

Lontong Cap Gomeh

Berbeda dengan lontong kari yang banyak dijumpai di Bandung, lontong Cap Gomeh merupakan lontong khas peranakan Tionghoa ini disajikan dengan opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng hati, acar, pindang telur, abon sapi, bubuk koya, sambal, serta kerupuk. Lontong ini pada awalnya bisa ditemukan di Betawi dan Semarang. Hingga kini konon Lontong Cap Gomeh Kedai 55 adalah tempat yang menjual lontong Cap Gomeh tertua di Semarang. Tak hanya di Semarang dan Jakarta, kini di daerah pecinan di Sumatra dan Kalimantan juga mudah menemukan makanan yang satu ini, khususnya saat perayaan Imlek.

Lontong Padang

Lontong kebanggaan masyarakan Minangkabau ini kuahnya terasa pedas dan sangat berempah. Untuk kamu yang suka makanan pedas, mungkin kamu akan ketagihan dengan jenis lontong yang satu ini. Lontong ini disajikan dengan kuah pedas berempah dengan gulai nangka, sayur kacang, sambal lado merah, serta kerupuk berwarna pink khas Sumatera.

Lontong Sayur Betawi

Lontong jenis ini mudah sekali ditemukan di Jakarta, biasanya dijual di kaki lima sebagai menu sarapan. Lontong ini disiram dengan kuah kari kuning bersantan dengan potongan labu siam dan pepaya muda. Biasanya disajikan dengan opor ayam, semur tahu, kentang, dan juga kerupuk.

Lontong Kupang

Dari namanya, mungkin kamu akan menebak kalo lontong ini berasal dari Kupang. Namun sebenarnya kupang di sini bukan nama daerah melainkan salah satu jenis kerang yang bentuknya kecil-kecil, dan memang disajikan dengan lontong ini. Lontong kupang ini merupakan lontong yang disajikan dengan kremesan lentho, dan sate kerang, lalu disiram dengan kuah petis. Rasanya gurih dan nikmat, kamu harus coba. Lontong kupang ini bisa dengan mudah kamu temukan di daerah Surabaya dan Sidoarjo. Ada banyak lontong kupang yang enak di Surabaya dan juga di Sidoarjo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s