8 Makanan Sehat yang Dapat Membantu mengendalikan Kolesterol

Kebanyakan orang tidak sadar saat memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuhnya. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh biasanya disebabkan karena faktor gaya hidup yaitu kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak seimbang, cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi, tanpa diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur yang cukup, serta kurang berolahraga. Selain itu, kebiasaan merokok dan konsumsi minuman keras juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Seseorang dengan riwayat keluarga yang memiliki kolesterol tinggi juga lebih beresiko memiliki kadar kolesterol tinggi. Oleh sabab itu sangat penting bagi kita semua untuk mulai selektif memilih asupan yang baik bagi tubuh kita. Makanan-makanan berikut ini sangat baik baik untuk tubuh karena dapat membantu mengendalikan kolesterol jahat.

Oatmeal

Oatmeal mengandung beta-glucan yang dapat menyerap kolesterol jahat (LDL).

Apel

Berdasarkan penelitian, dengan mengkonsumsi buah apel sebanyak satu buah per hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Kandungan polifenol yang terdapat dalam kulit apel dapat memperlambat oksidasi LDL. Jadi saat memakan buah ini, sebaiknya kulitnya tidak perlu dikupas.

Alpukat

Dengan mengkonsumsi buah yang satu ini dapat membantu meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.

Jus Jeruk

Minuman segar yang satu ini selain enak juga sangat bagi bagi tubuh karena dengan meminum 2 gelas sehari dapat menormalkan kolesterol dan menjaga aliran darah senantiasa lancar.

Madu

Konsumsi madu secara teratur juga sangat baik untuk mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh. Pasalnya madu dapat menyerang homocysteine yang diketahui dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah perifer dan juga penyakit jantung.

Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau tidak hanya membuat badan dan pikiran lebh rileks. Teh hijau juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kedelai

Senyawa Isoflavon dalam kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu kedelai juga dapat megurangi jumlah lemak jenuh dari makanan-makanan yang anda konsumsi.

Terong

Baik terong ungu ataupun terong kuning, keduanya merupakan sayuran yang rendah kalori yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s